Pentingnya Administrasi Keuangan Perkantoran?
Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Arus keluar masuknya uang perusahaan harus dicatat dan dilaporkan untuk dapat dianalisa bagi pengembangan perusahaan. Karenanya, dalam pengelolaannya membutuhkan SDM yang kompeten dan jujur. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk berdampak negatif bagi lajunya perusahaan karena membuat perusahaan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan, dan hal ini tentu saja sangat merugikan perusahaan. Program pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali karyawan mengenai pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standar yang berlaku, mengelola proses administrasi keluar masuk dana, serta perencanaan, pengendalian dan pelaporannya.
Tujuan Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami arti dan fungsi keuangan perusahaan dan memahami proses penyusunan, perencanaan, pengendalian anggaran perusahaan, serta pelaporannya.
Garis Besar Materi :
Pelatihan yang diberikan secara komprehensif meliputi:
- Konsep keuangan sesuai SAK (Standar Akuntansi Keuangan)
- Klasifikasi rekening (account) dalam pengelolaan keuangan
- Fungsi manajemen keuangan
- Peran manajemen keuangan
- Fungsi Control Cash dan Cash
- Laporan keuangan, klasifikasi account dan transaksi
- Hukum-hukum dasar akuntansi yang berkaitan dengan transaksi
- Pencatatan & Dokumen Transaksi : Pembuatan & Analisa dokumen, posting jurnal
- Membedakan akun-akun neraca dan rugi laba
- Mengelola arus kas perusahaan
- Arus keluar masuk dana : Operasional, Investasi, & Pembiayaan
- Teknik mengontrol arus kas
- Membuat budget arus kas
- Memahami klasifikasi pengeluaran kas
- Mengontrol kas pengeluaran
- Mengontrol kas penerimaan
- Penyusunan dan analisa laporan keuangan perusahaan : neraca, laporan rugi laba serta laporan arus kas
- Anggaran biaya, implementasi dan pengendaliannya
- Pengendalian biaya
- Pengendalian biaya dengan pendekatan budget
- Pengendalian biaya dengan pendekatan transaksional
- Dokumen-dokumen yang terkait dalam pengendalian biaya
- Pengontrolan Inventory dan Fixed Asset
- Stock Take dan Analisanya
- Mengontrol Fixed Asset
- Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan perusahaan
- Best Practices dalam pengelolaan keuangan perusahaan
Narasumber
–
PITMA adalah Professional Training yang menyediakan Training Administrasi Keuangan Perkantoran bagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya.
Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan Pemda lainnya dari kami, cek selengkapnya disini.
PITMA – Professional Training Yogyakarta
Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182
Telepon / Fax 0274 – 556329