Logo-Pitma-Jogja
Search

Basic Java Programming

DURASI

3 Hari

 

DESKRIPSI

Pelatihan ini membahas berbagai pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk mampu membuat aplikasi desktop dengan menggunakan teknologi dan bahasa pemrograman Java 2.telah dirancang sedemikian rupa sehingga peserta yang masih belum atau baru memiliki sedikit pengalaman di bidang pemrograman dapat mempelajari konsep pemrograman berbasis obyek (Object-Oriented Programming) serta dasar teknik pemrograman bahasa Java dengan tool NetBeans IDE.

Topik pelatihan meliputi dasar sintaks bahasa pemrograman Java 2, konsep pemrograman berbasis obyek, String, pembuatan Graphical User Interface (GUI), eksepsi, static, penanganan event, dan pembuatan file JAR untuk distribusi aplikasi Java. Pada akhir pelatihan ini, peserta akan mampu menguasai dasar pemrograman Java sehingga siap untuk lanjut ke pemrograman Java Web atau Android.

 

TUJUAN

  • Sintaks dasar bahasa pemrograman Java 2 seperti variabel, operator, kendali alur, array, dan kelas String
  • Konsep pemrograman berbasis obyek (Object-Oriented Programming) seperti kelas, obyek, metoda, enkapsulasi, pewarisan, dan konstruktor
  • Cara penggunaan berbagai tool Java seperti NetBeans IDE
  • Cara pembuatan dan penggunaan kelas dan obyek di Java
  • Cara pembuatan aplikasi berbasis GUI dengan teknologi Java Swing
  • Cara pembuatan file JAR untuk distribusi aplikasi ke para pengguna

 

MATERI

1. Elemen Dasar Java

  • Kerangka Program Java
  • Kompilasi dan Eksekusi Program Java
  • Variabel
  • Cast dan Promosi Variabel
  • Operator
  • Prioritas Operator

2. Kendali Alur Program

  • Penggunaan If, Else If, Else
  • Penggunaan While dan Do While
  • Penggunaan For

3. Array Java

  • Deklarasi Array Java
  • Inisialisasi Array Java

4. String Java

  • Null dan Empty String
  • Membandingkan String
  • Argumen
  • Modifikasi String
  • Penggunaan StringBuffer dan StringBuilder

5. Kelas Java

  • Kelas dan Obyek Java
  • Metoda Java
  • Enkapsulasi
  • Konstruktor
  • Overloading Konstruktor

6. Pewarisan

  • Konsep Pewarisan
  • Overriding Metoda

7. Static

  • Static Modifier
  • Variabel Static
  • Blok Static

8. Eksepsi

  • Kategori Eksepsi
  • Melempar Eksepsi
  • Pembuatan Kelas Eksepsi Sendiri

9. Pembuatan GUI dengan Swing

  • JFrame
  • Container
  • JLabel
  • Input Teks
  • JButton

10. Grafis 2D Java

  • Frame
  • Font
  • Color
  • Teknik Menggambar Grafis 2D

11. Penanganan Event

  • ActionListener
  • Interface Penanganan Event
  • MouseListener

12. JAR dan Package

  • Pembuatan File JAR
  • Pembuatan Package
  • Import Package

 

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?