Logo-Pitma-Jogja
Search

Audit Sistem Informasi

DURASI

3 Hari

 

DESKRIPSI

Audit Sistem Informasi merupakan kegiatan audit yang bertujuan untuk mengamankan aset, menjaga integritas data, menjaga efektifitas sistem dan efisiensi sumber daya yang berhubungan dengan instalasi sistem informasi. Wilayah kerja kegiatan Audit Sistem Infromasi mencakup:

perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), manusia (people), file data, dokumentasi sistem, dan peralatan pendukung lainnya.

Dalam training ini, para peserta akan diberikan pemahaman mengenai konsep-konsep dalam audit system informasi.

 

TUJUAN

  • Konsep, istilah, dan alur proses kegiatan audit terhadap sistem informasi berbasis risiko
  • Konsep dan proses tata kelola serta manajemen TI berbasis praktik terbaik (best practice)
  • Konsep dan proses pengadaan, pengembangan, dan penerapan sistem informasi yang baik dan benar
  • Konsep dan proses kegiatan operasional, perawatan, dan dukungan terhadap sistem informasi berbasisbest practice
  • Konsep dan proses kegiatan pengamanan terhadap data serta informasi untuk meminimalisir risiko

 

MATERI

1. Proses Audit Sistem Informasi

  • Manajemen terhadap Fungsi Audit Sistem Informasi
  • Standar dan Panduan Audit Sistem Informasi berbasis ISACA ITAF
  • Analisis Risiko
  • Kendali Internal
  • Pelaksanaan Audit SistemInformasi
  • Pelaksanaan Self-Assessment Kendali Internal

2. Tata Kelola dan Manajemen TI

  • Corporate Governance
  • IT Governance
  • Pemantauan dan Pengawasan TI
  • Strategi Sistem Informasi
  • Model Maturitas dan Perbaikan/Peningkatan Proses
  • Investasi dan Alokasi TI
  • Kebijakan dan Prosedur Standar
  • Manajemen Risiko
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Struktur Organisasi, Peran, dan Tanggung Jawab Sistem Informasi
  • Audit Tata Kelola dan Implementasi TI
  • Perencanaan Kelangsungan Bisnis (Business Continuity)
  • Audit Rencana Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Plan)

3. Pengadaan, Pengembangan, dan Penerapan Sistem Informasi

  • Realisasi Bisnis dengan Business Case
  • Struktur dan Praktik Manajemen Proyek TI
  • Pengembangan Sistem dan Aplikasi Bisnis
  • Bentuk Organisasi Proyek Perangkat Lunak
  • Pengadaan dan Pengembangan Infrastruktur TI
  • Perawatan Sistem Informasi
  • Alat Bantu Pengembangan Sistem Informasi
  • Audit Kendali Aplikasi
  • Audit Pengadaan, Pengembangan, dan Penerapan Sistem Informasi

4. Operasional, Perawatan, dan Dukungan Sistem Informasi

  • Kegiatan Operasional Sistem Informasi
  • Perangkat Keras Sistem Informasi
  • Arsitektur Perangkat Lunak
  • Infrastruktur Jaringan TI
  • Audit Infrastruktur dan Operasional Sistem Informasi
  • Rencana Pemulihan dari Bencana (Disaster Recovery Plan)

5. Perlindungan Aset Informasi

  • Manajemen Keamanan Informasi
  • Akses Logis
  • Keamanan Infrastruktur Jaringan
  • Audit Kerangka Manajemen Keamanan Informasi
  • Eksposur Lingkungan dan Pengendaliannya
  • Eksposur Akses Fisik dan Pengendaliannya
  • Mobile Computing

 

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?